Apa Perbedaan Shared dan Cloud Hosting ?

Onix Hosting, Apa perbedaan shared dan cloud hosting ? – Kalau anda bingung perbedaan shared dan hosting. Anda di artikel yang tepat. Artikel ini membahas perbedaan shared dan cloud hosting. Apa saja perbedaan hosting tersebut ?

Apa perbedaan shared dan cloud hosting
Sumber : Jiwebhosting

Kami translate dari artikel Resellerclub.com, yang kami tulis ulang dalam Indonesia.

Apa itu Shared Hosting ?

Apa perbedaan shared dan cloud hosting
Sumber : belajarphp.net

Shared hosting adalah jenis layanan web hosting yang memungkinkan banyak situs web untuk berbagi server web fisik serta sumber daya di antara web yang di hostingkan di shared hosting. Idealnya server dibagi antara beberapa pengguna dan setiap pengguna akhirnya berbagi jumlah bandwidth tertentu.

Oleh karena itu, pengguna berbagi sumber daya seperti RAM, ruang disk dengan pengguna lain. Bisa di gambarkan begini, anda tinggal di rumah sewa yang sama, semua sumber daya yang ada di rumah akan dibagikan oleh semua orang yang tinggal di dalamnya. Seperti itulah gambarannya.

Apa keuntungan dari shared hosting dan kapan anda gunakan ?

  1. Shared Hosting mudah digunakan (User Friendly). Salah satu alasan utama penggunaanya adalah kemudahan menggunakan untuk instal Cpanel, setting DNS dan langsung set up wordpress
  2. Anda tidak perlu khawatir tentang hal teknis, semua akan di tanggung oleh penyedia hosting
  3. Hemat Biaya pastinya.
  4. Anda dapat menggunakan cpanel, dashboard manajemen web hoting yang memungkinkan anda mengelola situs web atau bahkan mengunduh aplikasi dengan bantuan Softaculous.

Baca Juga : 

Apa itu Cloud Hosting ?

Apa perbedaan shared dan cloud hosting
Sumber : Viralhost.co

Cloud hosting adalah jenis layanan web hosting di mana anda dapat memperoleh sumber daya komputasi dengan bantuan fasilitas komputasi awan untuk host data, layanan web. Bisa di katakan begini, kalau salah satu server mati, maka server akan di pindah ke server yang hidup. Jadi waktu down time bisa jadi berkurang.

Apa keunggulan Cloud Hosting dan kapan anda gunakan ?

  1. Skalabilitas yang mudah karena cloud hosting memiliki pengaturan sejumlah besar sumber daya, mudah bagi pengguna untuk yang memiliki trafik yang tinggi.
  2. Waktu down time bisa berkurang karena jika server utama mati akan di pindahkan ke server yang lain.
  3. Bisnis anda sudah berkembang dan mempunyai lalu lintas trafik yang lumayan tinggi.

Artinya : Secara sederhana perbedaan di atas adalah server yang digunakan. Kalau shared hosting adalah server yang di bagi menjadi beberapa hosting dalam satu server, Cloud hosting adalah Server yang di gunakan bersama jika salah satu server mati maka akan pindah ke server yang hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *