Apa Itu VPS Hosting ? Berikut Penjelasannya

By | Februari 15, 2020

Onix Hosting, Apa itu vps hosting ? Berikut penjelasaanya – Seringkali anda mendengar VPS kan ? tapi anda tidak tahu apa itu vps. Vps juga sama dengan hosting, cuman ada perbedaan yang harus anda ketahui ketika anda membeli sebuah VPS.

Apa itu vps

Apa itu VPS Hosting ?

VPS Hosting Adalah ….

Vps Hosting adalah sebuah server yang dapat anda gunakan untuk sebuah website yang mempunyai trafik yang lumayan besar. Kepanjangan dari VPS adalah Virtual Private Server yang mempunyai arti anda membeli sebuah server yang dapat anda kelola sendiri untuk kebutuhan website/aplikasi anda.

VPS merupakan opsi lain ketika anda ingin memperoleh space yang lebih besar dan privat. Dengan memperoleh space yang lebih besar tentunya membutuhkan keahlian yang cukup kompleks ketika anda mengolah sebuah VPS. Untuk anda yang baru terjun anda cukup dengan shared hosting saja. Akan mudah mengelolanya.

Bagaimana VPS Bekerja ?

Cara Kerja VPS Yaitu …

Secara sederhana VPS bekerja seperti komputer pada umumnya. VPS berjalan pada sebuah server virtual dalam sebuah server fisik. Satu server fisik mampu menampung beberapa server virtual. Setiap saru virtual server dijalankan oleh sistem operasi sendiri dan berbeda dengan yang lainnya. Bahkan sevuah VPS bisa direbot secara madiri tanpa memberi efek pada virtual sever lainnya.

VPS Linux atau VPS Windows

Menurut Domainesia, terdapat dua jenis VPS yang bisa anda gunakan sebagai hosting website anda. Keduanya tidak hanya berbeda dari segi sistem operasi saja namun terdapat perbedaan lain sebagai berikut :

  • VPS Windows jauh lebih mahal daripada VPS Linux karena lisensi Windows yang mahal. Kalau Linux membebaskan lisensinya.
  • VPS Linux lebih mudah digunakan karena memiliki cPanel Management Tool yang membantu untuk mengelola pengguna FTP fsn SSH. Sedangkan VPS Windows memiliki kemudahan karena dapat diremote dengan desktop remote menggunakan GUI.
  • Segi keaman VPS Linux hanya seorang administrator yang bisa merubah dan menggunakan hak independen atas semuanya. Sedangkan di VPS Windows seorang user dapat menyembunyikan file dari tampilan administrator.
  • VPS Linux memiliki kemudahan untuk menggunakan berbagai macam control panel seperti cPanel dan WHM / Web Host Manager. Kalau VPS Windows tidak bisa, dengan hanya menggunakan Plesk saja.

Baca Juga : 

Bagaimana Saya Mengelola VPS ?

Pertanyaan yang cukup sulit untuk yang baru memulai vps, karena membutuhkan keahlian khusus. Anda dapat menyewa jasa pengelolaan VPS. Anda tinggal membeli VPS di Provider hosting. Dan serahkan ke Jasa pengelolaan VPS. Untuk Indonesia Cloudweeb.com untuk luar negeri di DigitalOcean.com.

Mengelola sebuah server tidaklah mudah. Anda harus mempunyai keahlian di bidang server. Tapi tidak salah kalau anda mau belajar dan mencoba. Sekian artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *